Minggu, 09 Februari 2014

Minuman Untuk Mengurangi Kondisi Hipertensi

mengukur tekanan darahHipertensi saat ini menjadi penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak kalangan.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami hipertensi kebanyakan dikarenakan oleh faktor riwayat penyakit serta faktor umur.

Selain itu, sulit sekali untuk mengontrol kondisi hipertensi jika dilihat dari faktor keturunan saja.

Sehingga, jalan satu-satunya adalah dengan mengubah gaya hidup agar kondisi hipertensi yang dialaminya tidak semakin parah.

Semakin bertambah umur seseorang, maka orang tersebut juga semakin tinggi resikonya terserang penyakit hipertensi. Namun masih ada jalan serta cara untuk mengendalikan tekanan darahnya.

Cara-cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi atau hipertensi, yaitu dengan cara makan makanan bergizi, menjauhi garam serta tetap berolahraga maupun aktivitas fisik.

Selain itu ada cara lain yang sangat baik untuk mengendalikan serta mengurangi kondisi hipertensi, yaitu dengan meminum minuman yang dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi atau hipertensi seperti minuman yang mengandung antioksidan.

Anda bisa mencoba beberapa alternatif minuman yang menyehatkan dan dapat menurunkan tekanan darah seperti dibawah ini:
  • Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang alami untuk tubuh serta dapat menyerap kolesterol dalam tubuh kita. Selain dapat mencegah hipertensi, teh hijau juga mampu mencegah kita dari serangan kanker dengan kandungan antioksidannya.  Dengan mengkonsumsi teh hijau tanpa gula secara rutin, maka kesehatan tubuh kita akan tetap terjaga dengan baik.
  • Jus Buah Delima
Buah delima mengandung antioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit. Selain itu delima juga memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi tetap dalam kisaran normal. Sebab, jus delima nantinya akan berfungsi sebagai penurun laju reaksi kimia dalam tubuh yang cara kerjanya mirip dengan metode pengobatan yang dipakai untuk pengobatan hipertensi serta penyakit jantung. Selain dapat menurunkan tekanan darah, jus dari buah delima juga dapat memperlancar sirkulasi darah.
  • Jus Buah Bit
jus buah beetBuah bit mengandung potasium serta folat yang sangat penting peranannya dalam mengatur tekanan darah dalam tubuh manusia. Selain itu, buat bit juga mengandung nitrat yang nantinya akan diubah menjadi nitrit yang berguna untuk membuat otot dalam tubuh menjadi lebih rileks. Di samping itu juga jus dari buah bit dapat menenangkan pikiran sehingga anda tidak cepat stres dan membuat tekanan darah anda naik dengan cepat.
  • Jus Buah Cranberry
Cranberry memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Cranberry mengandung antioksidan serta bisa menjadi obat antiinflamasi, sehingga dapat membantu kita untuk mencegah serta mengurangi adanya kerusakan pada pembuluh darah serta mencegah tingginya tekanan darah. Di samping itu jus dari buah cranberry juga dapat melebarkan pembuluh darah sehingga membuat sirkulasi darah menjadi semakin lancar dan menghindarkan kita dari terserang hipertensi.
  • Teh Bunga Rosella.
Teh dari bunga rosela yang sudah dikeringkan ini memiliki rasa yang menyegarkan. Di dalam teh dari bunga rosella terkandung senyawa kimia yang alami dan aktif untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh kita. Dalam beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa teh dari bunga rosella memiliki cara kerja yang sama seperti obat Kaptopril yang umumnya diresepkan bagi para pengidap hipertensi. Cukup minum 3 cangkir teh dari bunga rosella secara rutin setiap hari untuk mendapatkan semua manfaatnya.
  • Susu Rendah Lemak
Ada sebuah studi yang menyatakan bahwa kondisi hipertensi berkaitan dengan kurangnya kalsium dalam tubuh. Anda dapat mencukup[i kebutuhan kalsium anda sehari-hari sengan cara minum susu sapi yang rendah lemak. Jangan pilih susu yang kaya akan kalsium. Sebab jumlah lemak yang baik juga dapat menekan tingginya tekanan darah. Cukup minum susu rendah lemak sebanyak 3 gelas sehari saja.
  • Air Putih
Tanpa kita sadari, jika tubuh kita kekurangan cairan atau dalam keadaan dehidrasi, maka pembuluh darah dalam tubuh kita menjadi mengkerut dan menjadi sempit sehingga dapat membuat organ jantung kita bekerja lebih keras dari biasanya, dan jika keadaan seperti ini terus dibiarkan maka dapat menyebabkan hipertensi.  Maka dari itu penting sekali untuk menjaga tubuh kita agar tidak kekurangan cairan dengan minum air putih yang banyak. Sebenarnya ada cara lain yang lebih praktis lagi untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil, yaitu dengan cara minum Nectura antioksidan secara rutin yang juga mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Dan anda akan terbebas dari berbagai macam masalah kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar