Rabu, 26 Februari 2014

Beberapa Kebiasaan Yang Dapat Merusak Gigi


gigi yang bersihTidak pernah mengalami sakit pada gigi atau gigi terasa ngilu saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis serta dingin, bukan berarti bahwa tidak ada gangguan pada kesehatan mulut.

Beberapa kebiasaan tertentu tanpa kita sadari bisa saja merusak kesehatan bagian mulut khususnya kesehatan gigi, seperti menipisnya lapisan atau enamel gigi, gigi menjadi kuning, warna hitam pada gusi maupun hal-hal yang lainnya.

Ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan bagian mulut dan gigi agar terhindar dari berbagai masalah pada bagian mulut dan gigi, seperti sakit gigi, sariawan di bibir, maupun sariawan di gusi.

Beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi serta berbagai masalah pada bagian mulut, meliputi:
  • Mengunyah es batu
Es batu memang terbuat dari air yang alami dan bebas dari gula. Namun, kebiasaan buruk seperti mengunyah es batu dapat merusak dan bahkan dapat memecahkan gigi. Kebiasaan seperti ini membuat jaringan lembut yang ada di dalam gigi serta mulut mengalami iritasi. Jadi, ada baiknya untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan buruk seperti mengunyah es batu.
  • Minum susu
Kebiasaan minum susu memang baik untuk pertumbuhan tulang dan juga gigi. Namun, banyak orang yang tidak sadar bahwa kebiasaan minum susu khususnya minum susu sebelum tidur pada bayi maupun anak-anak dapat menyebabkan pembusukan pada gigi. Dokter gigi umumnya juga memberi saran untuk selalu membilas gusi bayi dengan menggunakan lap basah maupun air sesudah bayi disusui. "Walaupun gigi bayi belum tumbuh, namun sudah ada bakal gigi yang masih tertanam pada bagian dalam gusi. Sisa dari susu yang masih ada di dalam mulut bayi akan menjadi makanan bagi kuman-kuman yang ada di dalam mulut bayi sehingga kuman yang ada di dalam mulut menjadi berkembang baik dengan cepat di dalam mulut bayi. Akibatnya, permukaan email gigi menjadi lebih cepat rusak yang biasa disebut dengan nama gigis" jata drg. Zaura Rini Anggraini, Ketua Pengurus Ikatan Dokter Gigi Indonesia.
  • Tindik lidah
tindik lidahTidik lidah memang terkesan trendy saat ini, namun bila tergigit secara tidak sengaja, maka benda ini akan dapat meningkatkan resiko terjadinya gigi retak maupun pecah. Mulut merupakan sarang dari bakteri sehingga dengan melakukan tindik lidah dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada bagian mulut maupun lidah.
  • Mengertakkan gigi saat tidur
Kebiasaan seperti mengertakkan gigi saat tidur atau ketika meredam emosi masih sering terjadi di masyarakat kita. Kebiasaan seperti ini memang sulit sekali untuk dikontrol. Selain itu, kebiasaan seperti juga dapat merusak gigi. Jika anda punya kebiasaan mengertakkan gigi saat tidur anda bisa menggunakan pelindung mulut saat anda tidur untuk mencegah kebiasaan mengertakkan gigi.
  • Membuka sesuatu dengan gigi
membuka kemasan dengan gigiKebiasaan seperti membuka makanan atau minuman dengan gigi memang terlihat lebih ringkas karena tidak perlu repot-repot untuk mencari alat. Namun, kebiasaan seperti ini akan membuat gigi mengalami kerusakan seperti patah maupun retak. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk seperti membuka kemasan dengan gigi.
  • Minuman manis dan minuman bersoda
Minum minuman manis serta minuman bersoda memang terasa begitu menyegarkan. Namun, dalam minuman manis serta minuman bersoda mengandung banyak gula. Kandungan gula di dalam minuman manis serta minuman bersoda dapat menyebabkan penyakit lain seperti diabetes serta juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Gula akan menyebabkan keadaan mulut menjadi lebih asam sehingga dapat menyebabkan enamel atau lapisan gigi menjadi terkikis. Ada baiknya untuk mengurangi kebiasaan minum minuman manis serta minuman bersoda agar tidak merusak gigi. Bilaslah gigi anda dengan cara berkumur dengan air putih atau menggosok gigi.
  • Makanan ringan
gigisMakanan ringan seperti kripik juga dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Bakteri yang terdapat di dalam plak pada gigi dapat mengurai makanan yang mengandung tepung, seperti kripik menjadi asam. Asam ini nantinya akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Jadi, sebaiknya segera bersihkan gigi dengan cara berkumur dengan air putih segera setelah anda mengkonsumsi makanan ringan
  • Merokok
Kebiasaan seperti merokok juga dapat menyebabkan gigi serta lidah menjadi kuning. Rokok dan produk lain dari tembakau akan meninggalkan noda pada permukaan gigi serta dapat menyebabkan gigi menjadi mudah sekali untuk tanggal karena adanya penyakit pada gusi. Selain itu, kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyakit lain seperti kanker mulut, kanker lidah serta kanker bibir.
  • Minum teh atau kopi
Kebanyakan orang-orang di Asia suka sekali mengkonsumsi teh maupun kopi. Namun, tanpa kita sadari kebiasaan minum teh maupun kopi dapat menyebabkan lapisan gigi atau enamel menjadi berubah. Umumnya gigi akan menjadi berwarna kecoklatan atau bahkan kehitaman karena kebiasaan mengkonsumsi teh maupun kopi. Sebab, teh maupun kopi mengandung tanin yang dapat merubah warna lapisan gigi. Bila gigi anda mulai tampak kekuningana taua kecokelatan ada baiknya untuk memutihkan kembali lapisan enamel gigi dengan metode pemutihan gigi. Untuk mencegah terjadinya gigi menjadi kuning anda bisa berkumur dengan air putih setelah minum teh maupun kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar