Jumat, 28 Februari 2014

Kurang Tidur Dapat Sebabkan Berbagai Masalah Kesehatan

kurang tidurBagi anda yang kurang tidur sebaiknya perlu berhati-hati, karena dalam sebuah penelitian kebiasaan buruk seperti kurang tidur dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kesehatan seperti diabetes, alzheimer serta kanker. 

Kurang tidur dapat memperparah masalah kesehatan seperti diabetes.

Kondisi seperti kurang tidur nantinya akan mengganggu kerja kelenjar adrenal dalam memproduksi dehidro-epiandosteron atau DHEA yang merupakan sebuah senyawa yang berfungsi untuk merangsang tidur nyenyak.

Kondisi seperti ini justru menyebabkan tubuh kita lebih banyak menghasilkan kortisol yang dapat meningkatkan stres. Kurang tidur akan menyebabkan sistem respon tubuh seseorang mengalami kekacauan dalam memproduksi hormon insulin yang berfungsi untuk mengantar gula darah ke seluruh tubuh.

Bila kondisi seperti ini terjadi secara terus menerus, maka akan menyebabkan gangguan pada kesehatan yaitu gejala diabetes tipe – 2 yang tidak tergantung dengan injeksi insulin.

Pasokan gula dalam tubuh menjadi terbatas karena adanya beban kerja yang tinggi atau karena  terlambat untuk makan sehingga memicu rendahnya kadar gula dalam darah atau hipoglikemia yang akan semakin memperparah penyakit diabetes yang dialaminya. 

Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan yaitu munculnya penyakit alzheimer.

ngantuk karena kurang tidurProfesor Kevin Morgan seorang Direktur Unit Penelitian Kesehatan di Loughborough University, mengatakan bahwa orang yang kurang tidur akan mengalami gangguan kesehatan seperti menurunnya sistem imunitas tubuh.

Sedangkan Dr Yo-El Ju, menyatakan bahwa orang yang memiliki lebih banyak waktu untuk terjaga dalam tidurnya akan mengalami penumpukan atau plak dalam pembuluh darah di dalam tubuhnya.

Plak ini nantinya akan menumpuk di pembuluh otak yang nantinya dapat menyebabkan adanya kerusakan sel otak. Inilah yang menyebabkan munculnya penyakit Alzheimer. Tidur yang berkualitas bukan terletak pada lamanya waktu tidur seseorang melainkan tidur serta bangun pada jam yang sama secara rutin setiap hari.

Waktu tidur yang paling baik adalah saat seseorang mulai menunjukkan atau merasakan sinyal seperti rasa kantuk yang sangat besar. Selain memperparah diabetes serta menyebabkan alzheimer, kurang tidur juga bisa menyebabkan kanker.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Maryland, Amerika Serikat yang diikuti oleh 6000 responden wanita telah menyatakan bahwa orang yang tidurnya kurang dari 7 jam pada malam hari, memiliki resiko sebanyak 47% terserang penyakit kanker jika dibandingkan dengan orang yang tidur malamnya lebih dari 7 jam.

Banyak sekali ahli kesehatan yang menyatakan bahwa kurang tidur sangat erat kaitannya dengan berbagai gangguan kesehatan kronis, seperti hipertensi, diabetes, obesitas serta kanker.

Peneliti kesehatan bernama James McClain, dari National Cancer Institute menyebutkan bahwa fakta dari kurang tidur menyebabkan berbagai masalah kesehatan masih belum begitu jelas.

Namun, seseorang yang melakukan aktivitas fisik yang cukup serta dapat mengatur jam tidur yang baik selama 6 sampai 7 jam memang berhubungan dengan performa kesehatannya.

Sejak tahun 1985 sampai tahun 2006 ada trend tentang meningkatnya orang-orang yang tidurnya kurang dari 6 sampai 7 jam dalam setiap malamnya.

Hal seperti ini masih bisa dimaklumi karena berbagai macam alasan yang berhubungan dengan kondisi kehidupan modern seperti jam bisnis yang panjang, tuntutan dari pekerjaan maupun karena tingginya stres pada seseorang.

Dalam sebuah jurnal penelitian yang terbit pada tahun 2008, menyatakan bahwa ada penelitian yang meneliti beberapa orang responden yang terbagi dalam 2 bagian yaitu kelompok muda dan kelompok tua.

kurang tidur 3Ketika kedua kelompok tersebut diminta untuk tidur selama 16 jam dalam keadaan gelap setiap harinya, diketahui bahwa peserta dalam kelompok tua membutuhkan waktu 7,5 jam untuk tidur. Kelompok muda justru membutuhkan waktu tidur yang lebih lama yaitu selama sekitar 9 jam.

Dari penelitian ini telah terungkap bahwa kebutuhan tidur orang-orang yang berusia muda lebih banyak karena lebih padatnya aktivitas sehari-hari dibandingkan dengan orang-orang yang sudah tua. Sedangkan anak-anak pra sekolah membutuhkan waktu tidur selama 11 jam dalam setiap harinya.

Untuk anak-anak usia sekolah membutuhkan waktu tidur selama 10 jam dan untuk remaja akan memerlukan waktu untuk tidur selama 9 jam. Bila anda ingin agar tubuh anda selalu dalam keadaan sehat serta selalu prima dalam melakukan berbagai aktivitas, maka tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan cara seperti ini.

Ditambah dengan makan makanan yang bergisi dan seimbang, rutin berolahraga serta mengkonsumsi Nectura agar tubuh tetap dalam keadaan sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar